Sejarah VAC INDONESIA

PROGRAM UMUM VESPA ANTIQUE CLUB

I. PENDAHULUAN.

Vespa Antique Club didirikan pada tanggal 28 Oktober 1993 di Kota Bandung, merupakan wadah perkumpulan para pemilik roda dua jenis Vespa yang memliki katagori nilai Antique, baik tahun pembuatan, modifikasi maupun aksesoris pada kendaraan Vespa tersebut.
Dideklarasikannya organisasi Vespa Antique Club (VAC) oleh para pendiri 13 Tahun yang lalu, berawal dari satu kesamaan hobi berotomotif Vespa, berwisata bersama, bersilaturahmi serta saling bertukar pikiran berkaitan dengan kendaraan Vespa yang dimiliki.

Vespa Antique Club ( VAC ) didirikan bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober, tentunya semangat Sumpah Pemuda akan senantiasa mewarnai kiprah VAC dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Nilai nilai kejuangan Sumpah Pemuda yang diikrarkan para pemuda dahulu, akan senantiasa dijadikan titik tolak dalam meletakan landasan dan arah kebijakan organisasi VAC Indonesia, serta menjadi kultur budaya yang melekat dijiwa insan VAC Indonesia, sebagai organisasi hobi yang memiliki semangat kejuangan dalam memelihara kesatuan dan persatuan, konsisten dalam memelihara nilai-nilai perjuangan dan budaya bangsa, kepedulian sosial dan kemasyarakatan, kecintaan terpeliharanya bersih lingkungan, ketertiban dan kedisiplinan dalam berlalulintas.

Organisasi Vespa Antique Club memiliki lambang perisai, yang ditengahnya terdapat gambar Vespa, dengan latar warna hijau, putih dan merah, dimana memiliki arti bahwa komunitas VAC bertanggung jawab terhadap terciptanya kedamaian, terpeliharanya kesucian dan berani menghadapi tantangan dalam memperjuangkan kebenaran.
Organisasi Vespa Antique Club memiliki Mascot serangga jenis Tawon, adalah menggambarkan bahwa komunitas VAC memiliki kultur budaya identik dengan sifat dan perilaku Tawon (lebah), dimana kesatuan dan persatuan dalam tekad, sikap dan langkah membangun dan memperkokoh organisasi untuk mencapai tujuan, melalui kebersamaan dan kegotong royongan yang berazaskan kepada rasa kekeluargaan.

Perjalanan Vespa Antique Club (VAC) dari tahun ke tahun yang terus mengalami perkembangan, keanggotaan yang terus mengalami peningkatan, kemajuan dalam penyelenggaraan program internal organisasi maupun berbagai kegiatan partisipatif dalam rangka mendukung program Pemerintah Daerah.
Memperhatikan realita semakin berkembangnya keanggotaan Vespa Antique Club, baik Anggota Perkumpulan maupun Organisasi Perkumpulan tingkat Wilayah, Cabang maupun Daerah Provinsi yang ada di Indonesia, tentunya dihadapkan pula dengan kompleksnya permasalahan yang akan dihadapi organisasi kedepan, tuntutan dan tantangan organisasi dalam menghadapi dinamika organisasi dan keanggotaan serta tuntutan dalam mengikuti perkembangan pembangunan yang terjadi.

Dengan dilatarbelakangi oleh beberapa hal di atas serta berbagai permasalahan yang dialami selama perjalanan VAC 13 tahun terakhir, tentunya dimaklumi dan disadari betapa pentingnya Program Umum VAC Indonesia.
Program Umum VAC Indonesia merupakan kerangka acuan dan titik tolak dalam menyusun arah pembinaan dan pengembangan dalam menyelenggarakan organisasi secara utuh dan berkesinambungan, terarah dan terkoordinasi disetiap tingkat organisasi VAC Indonesia, agar tetap berada dalam kerangka satu kesatuan dan satu persatuan menuju terwujudnya eksistensi organisasi VAC Indonesia Mantap, Bermanfaat dan Mandiri.
Maka untuk dapat terwujudnya hal tersebut di atas, diperlukan adanya Program umum VAC Indonesia yang secara sah diputuskan dalam MUSLUB VAC INDONESIA.

II. L A N D A S A N
a. Rapat Paripurna Organisasi VAC Indonesia.
b. Amanat MUSLUB VAC Indonesia Tahun 2007.
c. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Vespa Antique Club.

III. M A K S U D

Maksud disusunnya Program Umum VAC Indonesia, adalah untuk dijadikan landasan serta titik tolak dalam melaksanakan program pembinaan disetiap tingkat organisasi VAC Indonesia, yang diselenggarakan secara utuh dan berkesinambungan, terarah dan terkoordinasi disetiap tingkat organisasi VAC Indonesia, baik organisasi tingkat Wilayah, tingkat Cabang, tingkat Daerah Provinsi maupun organisasi tingkat Pusat di Indonesia.

IV. TUJUAN.

Tujuan disusunnya Program Umum VAC Indonesia, adalah untuk dapat memenuhi tuntutan dan tantangan berkaitan dengan program internal maupun eksternal organisasi, menuju tercapainya organisasi VAC Indonesia yang memiliki eksistensi Mantap, Bermanfaat dan Mandiri untuk anggota khususnya maupun masyarakat luas pada umumnya.

V. SASARAN POKOK PROGRAM UMUM

Sasaran yang ingin dicapai, adalah sebagai berikut :
1. Membina dan mengembangkan para insan anggota VAC Indonesia, menuju peningkatan kualitas sumber daya manusia yang handal dan profesional, serta berguna bagi nusa dan bangsa.
2. Membina dan menumbuhkan insan anggota VAC Indonesia berjiwa patriot terhadap nilai nilai perjuangan dan Budaya bangsa, sebagai wujud kecintaan terhadap ibu pertiwi.
3. Membina dan mengembangkan kesetiakawanan sosial, kepedulian lingkungan, kesadaran tertib dan disiplin berlalulintas.
4. Membina dan mengembangkan potensi sumber daya dan dana, menuju peningkatan kesejahteraan anggota dan kemajuan daerah kerja organisasi VAC Indonesia.
5. Mengembangkan dan melaksanakan kerjasama dengan lembaga/badan/instansi Pemerintah maupun swasta, guna tercapainya sasaran program pembinaan VAC Indonesia.
6. Membina dan mengembangkan jalinan silaturahmi antar anggota disetiap tingkat organisasi maupun dengan Club otomotif dliluar VAC, guna turut menggalang terciptanya kesatuan dan persatuan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
7. Membina dan mengembangkan potensi sumber daya para insan anggota VAC Indonesia dibidang otomotif Vespa, guna mencapai prestasi dan prestise yang membanggakan.

V. POKOK – POKOK PROGRAM UMUM

A. Program Umum Jangka Panjang.
1. Mengadakan konsolidasi organisasi secara terarah dan terkoordinasi disetiap tingkat organisasi VAC Indonesia, guna menyamakan visi, misi dan presepsi organisasi sebagaimana amanat AD/ ART. PO dan Program Umum VAC Indonesia.
2. Membina dan menumbuhkembangkan kultur budaya VAC Indonesia dalam berkiprah di masyarakat, sebagaimana mascot VAC Indonesia (Tawon) yang menggambarkan suatu komunitas yang memiliki kinerja profesional, mandiri, bermanfaat serta memiliki ketauladanan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
3. Membina dan meningkatkan kerjasama yang harmonis dengan Pemerintah Daerah, TNI/POLRI maupun lembaga/Instansi pemerintah/swasta, guna mengakselerasikan dan mendukung suksesnya program kerja yang akan diselenggarakan.
4. Membina dan meningkatkan kemandirian ekonomi organisasi VAC Indonesia, guna menunjang pelaksanaan program internal organisasi serta dalam rangka optimalisasi fungsi dan peran kesekretariatan menuju kemajuan pembangunan daerah kerja, serta peningkatan kesejahteraan anggota.
5. Membina dan mengarahkan anggota VAC Indonesia dalam menyalurkan hobi wisata berkendaraan, berkreasi, berinovasi dan berinteraksi ditengah-tengah masyarakat, guna mengamankan dan mempertahankan citra baik organisasi VAC Indonesia.

B. Program Umum Jangka Pendek.
1. Melaksanakan pendataan ulang (her registrasi) keanggotaan VAC Indonesia disetiap tingkat organisasi, guna penyusunan daftar keanggotaan VAC Indonesia.
2. Mengadakan inventarisasi kedudukan kesekretariatan dan kepengurusan tingkat organisasi VAC Indonesia yang ada di Indonesia, guna terciptanya jaringan komunikasi dan informasi antar tingkat organisasi secara terarah dan terkoordinasi.
3. Melaksanakan sosialisasi sebagaimana keputusan-keputusan yang dihasilkan dalam MUSLUB, guna menyelaraskan program pembinaan yang akan diselenggarakan oleh seluruh tingkat organisasi VAC Indonesia.
4. Melaksanakan optimalisasi fungsi dan peran kesekretariatan disetiap tingkat organisasi, guna terciptanya hubungan timbal balik atau dalam rangka pemenuhan hak dan kewajiban anggota dalam hidup berorganisasi.
5. Mengadakan kelengkapan atribut organisasi berupa bendera Mascot maupun Lambang VAC Indonesia untuk setiap tingkat organisasi, guna menyatakan eksistensi kedudukan organisasidimasing-masing daerah.
6. Melaksanakan pendaftaran akta pendirian badan hukum organisasi perkumpulaan hobi otomotif roda dua jenis Vespa, guna mendapatkan pengakuan dan pengesahan Menteri Kehakiman dan HAM RI. sebagaimana dimaksud AD/ART VAC Indonesia.
7. Melaksakan pembinaan tentang ketentuan dan peraturan organisasi yang harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh seluruh anggota, baik dalam hal simbol organisasi (Mascot dan Lambang), atribut keanggotaan maupun kewajiban-kewajiban lainnya yang berlaku di organisasi VAC Indonesia.
8. Mengadakan rekstrukturisasi organisasi dan kepengurusan disetiap tingkat organisasi yang ada di Indonesia, guna penyesuaian sebagaimana dimaksud dalam AD/ ART maupun Peraturan Organisasi VAC Indonesia.
9. Melaksanakan pengukuhan dan pengesahan organisasi perkumpulan tingkat Wilayah, Cabang maupun Daerah untuk setiap wilayah kerja organisasi bersangkutan, guna lebih meningkatkan epektifitas dan kemandirian pengelolaan organisasi serta dalam rangka menyelaraskan otonomisasi kepemerintahan di daerah masing-masing.
10. Menerbitkan buku agenda kegiatan tahunan organisasi VAC Indonesia diseluruh tingkat organisasi yang ada di Indonesia, guna mengkoordinasikan kepada anggota serta menyelaraskan program kegiatan yang akan diselenggarakan disetiap tingkat organisasi dimasing-masing daerah.
11. Menerbitkan buku saku anggota VAC Indonesia yang isinya terdiri dari ; Bio Data anggota, sejarah perjalanan VAC Indonesia, AD/ ART, PO serta daftar alamat kedudukan sekretariat organisasi VAC Indonesia masing-masing daerah.
12. Memantapkan pelaksanaan orientasi perkenalan calon anggota (OSPEK) secara konstruktif, bermanfaat dan berkesan, guna menanamkan dan menumbuhkan insan anggota VAC Indonesia yang profesional, mandiri, bermanfaat serta memiliki ketauladanan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
13. Mengadakan optimalisasi dan selektifitas perijinan dalam membuat, memperbanyak dan memperdagangkan atribut atau aksesoris bergambar Mascot maupun Lambang dan atau bertuliskan VAC Indonesia, guna menjaga keaslian dan keutuhan lambang maupun mascot VAC Indonesia.
14. Mengarahkan program kegiatan anggota perkumpulan maupun organisasi perkumpulan dimasing-masing daerah menuju suatu event tertinggi dan bergengsi setiap 3 (tiga) tahun sekali, dalam rangka mencapai prestasi maupun prestise tertinggi, menciptakan konsolidasi seluruh tingkat organisasi yang ada di Indonesia serta menjadikan momentum akbar organisasi dalam melaksanakan gerakan pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.
15. Memantapkan para pengurus organisasi VAC Indonesia disetiap tingkat organisasi terhadap pelaksanaan tugas dan kewenangan pengurus serta hak dan kewajiban pengurus dalam menjalankan roda organisasi dan pelayanan kepada anggota, guna terwujudnya kepengurusan yang bertanggung jawab, transparan, demokrasi dan adil.
16. Mengadakan revisi tulisan nama daerah sebagai kedudukan organisasi tingkat cabang maupun nama Daerah Provinsi yang tertera dalam Lambang serta Mascot, guna menyelaraskan dengan ketentuan AD/ ART dan PO, serta dalam rangka otonomisasi tingkat Daerah Provinsi (Pengda) dalam melakukan generalisasi keanggotaan dimasing- masing daerah Provinsi (gambar terlampir)
17. Menerbitkan atribut VAC Indonesia yang khusus dipergunakan/ dipakai untuk Pengurus dan Anggota Satuan TATIB disetiap tingkat organisasi VAC Indonesia, guna memberikan indentitas dan penghargaan atas tugas kewenangan yang diembannya (gambar terlampir).
C. Bentuk – Bentuk Kegiatan.
1. Bakti Sosial.
2. Peduli program K3.
3. Partisipasi program pembangunan Pemerintah Daerah, TNI/ POLRI maupun Swasta.
4. Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI 1945/ Kirab Merah Putih.
5. Peringatan HUT berdirinya VAC Indonesia.
6. Pendidikan dan Pelatihan Mekanik Perbengkelan Vespa.
7. Mengadakan Bengkel Pelayanan Servise Vespa
8. Pembinaan dan Pemantapan Pengurus.
9. Pembinaan dan Pelatihan Anggota Satuan TATIB.
10. Orientasi Perkenalan anggota baru (OSPEK)
11. Kunjungan Kerja.
12. Pekan Olah Raga, Kesenian dan Budaya antar tingkat organisasi.
13. Touring Wisata.
14. Pengelolaan Outlet atribut VAC Indonesia atau assesoris lainnya.
15. Pegelolaan Badan/ Lembaga Usaha koperasi anggota VAC Indonesia.

Progaram Umum VAC Indonesia ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.
Ditetapkan di : B A N D U N G
Pada tanggal : 8 April 2007

MUSYAWARAH LUAR BIASA VAC INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


seven − 5 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>